EKSPLORASI PANAS BUMI HADIR DI TAMAN PINTAR
245

Kembali Taman Pintar menghadirkan zona baru sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengembangan wawasan di bidang teknologi. Zona tersebut adalah Zona Panas Bumi (Geothermal) yang diresmikan pada hari Jumat 26 Mei 2017. Zona ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Peresmian dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi bersama dengan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana.

Pembangunan zona ini didukung oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) yang merupakan perusahaan yang melaksanakan pengelolaan operasi dan portofolio usaha geothermal. Kerjasama pembangunan zona geothermal ini sangat penting untuk pembelajaran kepada masyarakat bahwa geothermal adalah sumber energi yang aman, ramah lingkungan, dan pasokannya sangat besar sehingga masyarakat tidak ragu dengan pengeboran dan pemanfaatan geothermal.

Energi panas bumi atau geothermal energy adalah salah satu sumber energi terbarukan yang dipercaya ketersediannya melimpah dan sangat ramah lingkungan. Berbeda dengan sumber energi lainnya energi ini tidak menyebabkan pencemaran baik pencemaran udara, pencemaran suara, serta tidak menghasilkan emisi karbon dan tidak menghasilkan gas, cairan, maupun meterial beracun lainnya. Jika potensi ini di manfaatkan tidak terbayang berapa energi yang dapat di ‘panen’ Indonesia. Energi geothermal sendiri merupakan energi panas yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi, dari hasil aktivitas tektonik yang terjadi. Di samping itu dapat pula berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Zona Panas Bumi (Geothermal) yang berada di Gedung Kotak Lantai 2 ini memberikan gambaran tentang proses pengeboran geothermal yang mendekati aslinya, dari mulai proses penelitian sampai pengolahan. Memasuki zona dimulai dengan penggambaran hutan di pegunungan, kemudian dilakukan penelitian tentang adanya panas bumi, pengeboran sampai pada pengolahan di tempat produksi. Penggambaran ini dikemas dengan beberapa ICT dan alat peraga yang interaktif.

Zona Panas Bumi (Geothermal) ini semakin memperkaya zona dan alat peraga di Taman Pintar, dan merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk terus menghadirkan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik demi tercapainya literasi sains di tengah masyarakat dan menjadi science center kebanggaan Kota Yogyakarta.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

Afia Rosdiana

Kepala Bidang

Taman Pintar Yogyakarta

Jalan Panembahan Senopati 1 – 3

Yogyakarta 55122

Telp. 0274-583631, 583713 Fax. 0274-583664

E-mail. info@tamanpintar.com, tamanpintar@jogjakota.go.id

Website. www.tamanpintar.com