MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) DI TAMAN PINTAR
21

Yogyakarta 20 Juli 2017 – Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2017/2018 Taman Pintar Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), yang dulu dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 17 – 22 Juli 2017 bertempat di Dome Area, Gedung Oval Lantai 1 Taman Pintar.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan alternatif metode Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara berbeda dari kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah. Taman Pintar berharap kegiatan ini dapat menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan serta penanaman nilai-nilai nasionalisme bagi siswa-siswi yang sedang mengalami peralihan dari jenjang SD menuju SMP atau dari SMP menuju SMA.

Tidak hanya berkunjung ke zona-zona yang ada di Taman Pintar, kegiatan ini juga berisi pemberian materi tentang Penggunaan Obat Yang Baik dan Benar, bekerjasama dengan Fakultas Farmasi UGM.  Penyuluhan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan obat yang baik dan benar meliputi jenis obat, kapan memerlukan obat, dimana memperolehnya, penggunaan obat serta cara penyimpanan obat. Memberikan kesadaran juga bagi siswa apabila ragu tentang obat tanyakan apoteker dan bila sakit berlanjut hubungi dokter.

Dilanjutkan juga paparan materi Hidup Sehat Tanpa Narkoba, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Yogyakarta. Penyuluhan ini dilakukan untuk pencegahan penyalahgunaan obat terlarang. Pelajar diharapkan  pandai pandailah mencari teman dan salurkan dan kembangkan hobi. Berani berkata tidak pada narkoba dan jangan coba-coba.

Berikutnya, siswa-siswi diajak mengikuti science show, demo sains Fisika sederhana yang dipraktekkan oleh Tim dari Taman Pintar dan beberapa perwakilan peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan para pelajar lebih aktif dan kreatif dalam proses perkembangan ilmu pengetahuan. Kegiatan demo sains ini semakin seru dengan adanya banyak doorprize bagi peserta MPLS.

Di akhir rangkaian acara MPLS para siswa-siswi ini diajak mengunjungi Gedung Agung – Istana Kepresidenan yang lokasinya tidak jauh dari Taman Pintar dengan berjalan kaki. Tujuannya supaya para siswa-siswi lebih mengenal sejarah bangsa dan menanamkan rasa bangga terhadap negara Indonesia.

Kegiatan MPLS akan terus dievaluasi agar lebih bervariasi pada tiap tahunnya, untuk secara kontinyu mengembangkan generasi cerdas iptek di Yogyakarta. Program ini mendapat respons positif dari institusi pendidikan terutama sekolah pada setiap tahunnya. Hal ini juga terbukti dari tingginya antusiasme peserta saat mengikuti berbagai rangkaian acara di Taman Pintar.