SEWINDU TAMAN PINTAR, ALL ABOUT SCIENCE
459

Yogyakarta, 1 Desember 2016 – Menyemarakkan HUT Ke-8 pada 16 Desember 2016, Taman Pintar menggelar berbagai acara yang lebih meriah. Bila di tahun-tahun sebelumnya kegiatan HUT hanya berlangsung selama 1-2 minggu, maka khusus menyambut usia sewindunya Taman Pintar menyelenggarakan serangkaian kegiatan bertemakan All About Science selama sebulan penuh, hingga akhir tahun 2016.

Kompetisi Tepi Toys Photography sebagai kegiatan pembuka telah berhasil mengumpulkan lebih dari 600 karya foto dengan maskot Tepi dari paper toys yang dirakit sendiri oleh peserta untuk kemudian diupload melalui media sosial Instagram. Kompetisi yang selain untuk lebih mempopulerkan maskot Taman Pintar ”Tepi”, juga memperkenalkan genre fotografi toys photography yang belum banyak dikenal di tengah masyarakat melalui 2 kategori lomba yaitu Kategori Pelajar dengan peserta usia 10 – 17 tahun serta Kategori Umum dengan peserta usia 18 tahun keatas. Ternyata cukup diminati oleh generasi muda di Yogyakarta terbukti dengan keantusiasan mereka membawa maskot burung hantu Tepi ke berbagai lokasi menarik untuk menghasilkan foto yang ”bercerita”. Pengumpulan karya dimulai 15 November 2016 dan berakhir 30 November 2016, penjurian berlangsung selama 2 hari yaitu 3-4 Desember 2016, pengumuman pemenang melalui media sosial dilakukan pada 5 Desember 2016. Pameran 50 karya terbaik akan dibuka pada Jumat, 9 Desember 2016 didahului dengan sesi jumpa pers. Pameran foto yang berlokasi di Dome Area, Gedung Oval lantai 1 ini akan berlangsung selama liburan panjang hingga 31 Desember 2016. Tidak hanya kompetisi dan pameran, untuk memberikan pengetahuan lebih mendalam mengenai dunia toys photography, Taman Pintar juga menyelenggarakan seminar dan workshop pada Minggu, 18 Desember 2016 yang dapat diikuti oleh pelajar maupun umum.

Memperingati Hari Disabilitas Internasional pada Sabtu, 3 Desember 2016, Taman Pintar kembali membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas di Kota Yogyakarta untuk berkunjung dan mengakses Gedung Oval dan Gedung Kotak secara gratis disertai satu orang pendamping sepanjang jam layanan. Dengan demikian, anak penyandang disabilitas pun dapat belajar serta bermain menggunakan berbagai peraga pendidikan interaktif yang ada di Taman Pintar.

Pada Senin, 5 Desember 2016 diselenggarakan peresmian berbagai fasilitas seperti Zona Lalu Lintas di area Playground, hasil kerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor. Science Theater berkapasitas 58 kursi, sebagai sarana pemutaran film-film edukasi dan science show. Perpustakaan, lengkap dengan e-library yang sekarang bisa diakses tanpa tiket masuk. Fun Lab, di Gedung Kotak lantai 3, yang dapat menjadi sarana percobaan sains sederhana bagi sekolah di Kota Yogyakarta. Kemudian akan diresmikan pula perluasan masjid Izul Ilmi yang berada di Kompleks Taman Pintar. Pengerjaan perluasan ini merupakan hasil kerjasama dengan Bank Permata Syariah. Bersamaan dengan peresmian berbagai fasilitas layanan, Taman Pintar juga akan meluncurkan inovasi layanan Tiket Online yang dirancang demi meningkatkan kemudahan serta kenyamanan pengunjung Taman Pintar dalam berwisata.

Pada Rabu, 7 Desember 2016, diselenggarakan Gelar Seni Tuna Grahita bersama dengan SLB Negeri 2 Yogyakarta dan Kecamatan Gondomanan yang akan diikuti oleh sekitar 300 orang pelajar penyandang tuna grahita di Phytagoras Hall, Taman Pintar.

Gebyar PAUD yang melibatkan PAUD se-Kota Yogyakarta akan digelar pada Sabtu, 10 Desember 2016 di Phytagoras Hall, Taman Pintar.

Aksi Donor Darah ”Tetesan Cinta Untuk Kehidupan” bekerjasama dengan Sari Husada dan PMI Kota Yogyakarta akan diselenggarakan pada Minggu 11, Desember 2016 di Phytagoras Hall, Taman Pintar. Aksi yang memiliki misi mulia untuk membantu ketersediaan darah bagi ibu melahirkan ini, juga dalam rangka memperingati Hari Ibu dan HUT Ke-62 Sari Husada.

Pada Senin, 12 Desember 2016, anak-anak panti asuhan akan menjadi tamu kunjungan yang istimewa di Taman Pintar dalam Cerdas Ceria Bersama Tepi. Selain mendapatkan akses gratis Gedung Oval, Gedung Kotak dan Planetarium, mereka juga dapat mengikuti Demo Sains. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan wujud pengabdian masyarakat Taman Pintar, bekerjasama dengan Yayasan Yatim Mandiri.

Workshop Fun Glider yang mengangkat keilmuan dari teknologi dirgantara, ditujukan bagi pelajar SD – SMP sederajat, akan digelar pada Rabu, 14 Desember 2016 di Phytagoras Hall, Taman Pintar.

Pada Kamis-Jumat, 15-16 Desember 2016, diselenggarakan Kontes Sains Tepi dan Science Fun Fair di Phytagoras Hall, Taman Pintar, juga bagi pelajar SD-SMP sederajat Kota Yogyakarta.

Selain rangkaian kegiatan di atas, tidak lupa Taman Pintar juga menyiapkan berbagai kejutan khusus bagi para pengunjung setianya. Sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas apresiasi masyarakat kepada Taman Pintar, mulai 3 Desember 2016 hingga 16 Desember 2016 pengunjung secara acak akan mendapatkan doorprize berupa souvenir resmi Taman Pintar. Sementara bagi Top 5 Mitra Wisata (Tour Leader) terpilih yang membawa pengunjung rombongan dengan jumlah terbanyak sepanjang tahun 2016, pengumuman sekaligus penyerahan hadiah penghargaan akan dilakukan pada 16 Desember 2016.

Malam Tasyakuran digelar pada 16 Desember 2016, menjadi puncak perayaan HUT Ke-8 Taman Pintar.

Dalam usia sewindunya, Taman Pintar menjaga komitmen untuk terus memberikan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik demi tercapainya literasi sains di tengah masyarakat dan tetap menjadi science center kebanggaan Kota Yogyakarta.