WORKSHOP ROBOTIK KERJASAMA TAMAN PINTAR DAN MACQUARIE UNIVERSITY AUSTRALIA
223

Yogyakarta, 17 Januari 2017 – Melanjutkan kerjasama antara Taman Pintar dengan Macquarie University Australia yang telah berlangsung selama 2 (dua) tahun, di awal tahun 2017 ini Taman Pintar kembali menyelenggarakan workshop robotik untuk pelajar tingkat SD dan SMP.  Peserta workshop adalah pelajar kelas 4-6 SD dan kelas 1-2 SMP yang mendapatkan undangan dari Taman Pintar. Workshop tanpa dipungut biaya ini akan dipandu langsung oleh beberapa mahasiswa dan dosen dari Macquarie University pada 14 Januari 2017 – 11 Februari 2017 bertempat di Taman Pintar.

Dalam workshop, seluruh peserta diberikan pelatihan mengenai pembuatan dan pemrogaman robot sederhana menggunakan robot Edison dan Raspberry Pi. Macquarie University secara khusus mendesain materi pelatihan dengan 4 (empat) tingkat kesulitan, yang diberikan secara bertahap sesuai dengan kemampuan dan keterampilan para peserta. Misalnya pada materi tingkat pertama, peserta diberikan pelatihan tentang bagaimana membuat robot yang dapat berjalan mengikuti garis lurus.

Selanjutnya pada Jumat, 3 Februari 2017 pk 08.30 – 11.30 WIB, akan diselenggarakan Mini Robotic Contest antar peserta workshop robotik wilayah Kota Yogyakarta bertempat di Phytagoras Hall, Gedung Kotak lantai 1 Taman Pintar, sebagai sarana “unjuk gigi” peserta dalam menyerap materi pelatihan yang baru mereka dapatkan.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, workshop kali ini tidak hanya diselenggarakan untuk pelajar di Kota Yogyakarta. Tim Macquarie University akan bergabung dalam outreach program Taman Pintar, menyambangi  berbagai sekolah di wilayah DIY untuk memberikan pelatihan robotik. Sekolah yang akan mendapatkan kunjungan adalah SMP Negeri 1 Wonosari, SMP Negeri 1 Sleman, SMP Negeri 1 Bantul dan SMP Negeri 1 Wates. Di sekolah-sekolah ini, Mini Contest akan langsung diselenggarakan di lokasi, setelah sesi workshop selesai.

Kerjasama penyelenggaraan workshop robotik antara Taman Pintar dengan Macquarie University ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan dan memacu kreativitas generasi muda Indonesia terhadap sains, dalam hal ini teknologi robotik, sedini mungkin. Hal ini juga sejalan dengan visi Taman Pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains terbaik se-Asia Tenggara, serta memperkuat citra Kota Yogyakarta sebagai kota budaya dan kota pendidikan dalam suatu kegiatan aplikasi sains dan teknologi untuk pelajar yang berbudaya dan inovatif.